Sunday, 16 September 2012

BAHASA AWAL DI DUNIA

BAHASA AWAL DI DUNIA


Kadang² terbesit sebuah pertanyaan dalam hati, bahasa apa ya.. yang pertama kali muncul di dunia ini????? berikut referensi yang mudah²an bisa menjawab pertanyaan tersebut.
Dalam perkembangan sejarah bahasa, terjadi kontroversi sejak abad keenam sebelum masehi oleh bangsa Yunani Kuno yang melibatkan dua kubu yakni kubu phusis (percaya bahwa dalam pada itu ada keterkaitan antara kata dan alam) dan kubu thesis (percaya bahwa tidak ada keterkaitan antara kata dan alam), namun dalam pada itu, ada sebuah penelitian yang bermula dari keingintahuan bangsa Yunani Kuno.

Keingin tahuan ini terlihat dari apa yang disampaikan Herodotus, yang menulis pada abad kelima sebelum Masehi, ia menuliskan bahwa Raja Psammetichus di Mesir pernah mengasingkan dua orang bayi yang baru lahir di sebuah taman, untuk mengetahui mana bangsa dan bahasa tertua di dunia. Ketika bayi-bayi tersebut mulai berbicara, mereka mengucapkan kata bekos, yang ternyata dari bahasa Frigia yang berarti “roti”.

Gambar Herodotus
Penelitian-penelitian seperti yang dilakukan Raja Psammetichus ini melahirkan beberapa pengetahuan baru tentang bahasa, yang kadang dari pengetahuan ini memunculkan adanya perdebatan. Bagi Raja Psammetichus, berdasarkan hasil penelitiannya ia menjumpai bahwa ternyata bangsa dan bahasa tertua adalah bangsa dan bahasa Frigia. Namun bagi peneliti-peneliti kuno lainnya belum tentu demikian. Raja James IV of Scotland 1500 M berdasarkan hasil penelitiannya yang serupa menyebutkan bahwa
bahasa Ibranilah sebagai bahasa tertua di dunia.

Terlepas dari kontroversi tentang asal muasal bahasa yang muncul pertama kalinya di dunia ini, penting dan tidaknya itu tergantung dari kita semua. Namun yang paling penting adalah bagaimana kita bersyukur kepada Tuhan dengan diberikannya bahasa bagi kita. Tidak terbayangkan kalau kita hidup di dunia ini tanpa menggunakan bahasa.
from: http://defanani.blogspot.com/2011/04/bahasa-pertama-kali-di-dunia.html 

No comments:

Post a Comment